2.1 Sebutkan dan Jelaskan komponen dari I.T.I.L serta berikan contoh!
Nama : Fat’hiyyah Nuswantari
NPM : 12118579
Kelas : 2KA21
ITIL
terdiri atas komponen-komponen proses di dalam IT Service Management. Komponen
tersebut terdiri atas service support dan service delivery.
A.
Service Support
Service
support membahas tentang proses dan komponen dalam operasional IT sehari-hari,
seperti Incident Management, Problem Management, Change Management,
Configuration Management dan Release Management. Pada dasarnya service support
menjelaskan proses Support dari IT dan bagaimana cara menangani suatu incident
sebelum akhirnya masuk ke dalam problem management. komponen dari proses pada
IT service management mempunyai peran masing-masing yaitu:
1. Service
desksebagai single point of contact
2. Release
Management dalam melakukan testing suatu teknologi baru sebelum diimplementasi
3. Build
knowledge based untuk membantu mempercepat penyelesaian suatu incident
B. Service
Delivery
Komponen-komponen
dari Service Delivery adalah Financial Management for IT Services, Availability
Management, Capacitiy Management, IT Service Continuity Management, Service
Level Management. Service Delivery ini merupakan tactical proses artinya untuk
mendukung bisnis dari sisi IT Service Management dalam jangka panjang bukan
untuk operasional yang dilakukan setiap hari.
Contohnya
dalam bagian IT Service Continuity Management, misalnya dilakukannya service
level agreement (SLA), melakukan Risk Management berfungsi untuk mengetahui dan
dapat mengidentifikasi bentuk resiko, menentukan tingkat resiko yang akan
terjadi, untuk mengetahui asset mana saja yang mempunyai resiko, dan
sebagainya.
I.T.I.L
memberikan dasar dan konsep IT sebagai bagian dari service ke customer atau
user, bagaimana proses yang baik antara satu entity dengan entity lainnya. I.T.I.L
meliputi service support, service delivery, rencana pengembangan service
management, ICT infrastructure management, application management, business
perspective, security management, dan software asset management. Service
support dan service delivery merupakan area utama, yang disebut juga IT Service
Management (ITSM). Secara bersama-sama, dua area ini mengandung beberapa
disiplin yang bertanggung jawab untuk penentuan dan manajemen pelayanan
Teknologi Informasi (TI) yang efektif.
Komentar
Posting Komentar