Diskusikan dan jelaskan tentang Information Technology Infrastructure Libary (Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi )/I.T.I.L dan berikan Contoh!
Nama : Fat’hiyyah Nuswantari
NPM : 12118579
Kelas : 2KA21
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI.
Nama ITIL dan IT Infrastructure
Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of
Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan
deskripsi detil tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas,
serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis
organisasi TI.
Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an,
penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan
spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya
yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery
(Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).
Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL
v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan
siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian
tersebut adalah:
- Service
Strategy
- Service
Design
- Service
Transition
- Service
Operation
- Continual
Service Improvement
Kelima bagian tersebut dikemas dalam bentuk buku, atau biasa
disebut sebagai core guidance publications. Setiap buku dalam
kelompok utama ini berisi :
1. Practice fundamentals
menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle serta
kontribusinya terhadap pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
2. Practice principles
menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata kelola
tahanan lifecycle yang menjadi acuan setiap proses terkait
dalam tahapan ini.
3. Lifecycle processes and
activities
menjelaskan berbagai proses maupun aktivitas yang menjadi
kegiatan utama tahapan lifecycle. Misalnya proses financial management dan
demand management dalam tahapan Service Strategy.
4. Supporting organization structures
and roles
proses-proses ITIL tidak akan dapat berjalan dengan baik
tanpa definsi roles dan responsibilities. Bagian
ini menjelaskan semua aspek yang terkait dengan kesiapan model dan struktur
organisasi.
5. Technology considerations
menjelaskan solusi-solusi otomatisasi atau software ITIL
yang dapat digunakan pada tahapan lifecycle, serta persyaratannya.
6. Practice Implementation
berisi acuan/panduan bagi organisasi TI yang ingin
mengimplementasikan atau yang ingin meningkatkan proses-proses ITIL.
7. Complementary guideline
berisi acuan model-model best practice lain selain ITIL yang
dapat digunakan sebagai referensi bagian tahapan lifecycle.
8. Examples and templates
Baca Juga
- Serunya
belajar ITIL dengan adanya simulasi
- Master Plan IT, Apa dan
Bagaimana Regulasinya Di Indonesia
- Lebih
Mengenal Sertifikasi ISO 27001
- Pentingnya
Implementasi COBIT bagi IT Perusahaan
berisi template maupun contoh-contoh pengaplikasian proses.
Di samping buku-buku dalam core guidance
publications, ada juga complementary guidance. Dimana buku-buku
dalam kategori nantinya dimaksudkan untuk memberikan model, acuan dan panduan
bagi penerapan ITIL pada sektor-sektor tertentu seperti jenis industri
tertentu, tipe organisasi serta arsitektur teknologi. Dengan demikian, ITIL
akan dapat lebih diterima serta diadaptasi sesuai dengan lingkungan serta
behaviour dari setiap organisasi TI.
Sumber: https://itgid.org/pengertian-itil/
Komentar
Posting Komentar