3.1 Sebutkan dan jelaskan serta berikan contoh standar operasional manajemen IT Untuk administrator aplikasi
Nama : Fat’hiyyah Nuswantari
NPM : 12118579
Kelas : 2KA21
Aplikasi Administrator, dikenal juga dengan sebutan, Back-end, Panel Admin atau Panel Kendali adalah, antarmuka dimana para administrator dan petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa. Administrator sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system, mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memiliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Aplikasi Administrator, dikenal juga dengan sebutan, Back-end, Panel Admin atau Panel Kendali adalah, antarmuka dimana para administrator dan petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa. Administrator sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system, mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memiliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
a) Troubleshooting
atau penanganan masalah
Ini
adalah pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi masalah di dalam jaringan.
Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa
adanya masalah. Masalah yang timbul umumnya berupa masalah teknis seperti
kerusakan pada komputer, gangguan pada koneksi internet, kabel yang terputus
dan lain sebagainya.
b) Update
atau pemutakhiran
Tugas
ini umumnya berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup kemungkinan
juga perangkat keras. Update sepertinya adalah hal yang sepele namun memiliki
dampak besar dalam jaringan tersebut. Update perangkat lunak misalnya adalah
update sistem operasi dan antivirus, sedangkan update perangkat keras misalnya
penggantian perangkat router atau switch yang sesuai dengan tuntutan jaringan
yang berkembang.
c) Mengatur
cadangan data
Tugas
dari admin yang penting lainnya adalah tanggung jawabnya dalam membuat salinan
data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari
perusahaan atau instansi tertentu. Backup ini berfungsi sebagai cadangan data
saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data
secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras penyimpanan data. Dengan
backup data, maka admin dapat menyelamatkan data penting perusahaan dan
mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal terjadinya backup.
Contohnya :
Misalnya dalam
menjalankan SOP eMonev bagi admin eMONEV pada Kota Surabaya, Kewenangan
Admin eMonev antara lain adalah:
a. Membuka
akses pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
b. Melakukan
monitoring pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
c. Melakukan
monitoring keterisian realisasi Output sub kegiatan maupun realisasi pentahapan
output.
d. Melakukan
sinkronisasi target sub kegiatan (ouput maupun pentahapan output) pada opsplan
Sumber :
- https://docs.joomla.org/Administrator_(Application)/id
- http://a3m-nix.blogspot.com/2012/11/tugas-system-administrator-sysadmin.html
- https://emonev.ap.surabaya.go.id/dokumen/BAB%203%20-%20SOP%20Admin%20eMonev.pdf
Sumber :
- https://docs.joomla.org/Administrator_(Application)/id
- http://a3m-nix.blogspot.com/2012/11/tugas-system-administrator-sysadmin.html
- https://emonev.ap.surabaya.go.id/dokumen/BAB%203%20-%20SOP%20Admin%20eMonev.pdf
Komentar
Posting Komentar