LOGICAL AGENTS (PENGERTIAN DAN CONTOH)
Nama : Fat’hiyyah Nuswantari
NPM : 12118579
A. Knowledge
Based Agents
Komponen utama dari knowledge based
agent adalah knowledge basenya. Knowledge base (KB) adalah kumpulan
representasi fakta tentang lingkungan atau dunia yang berhubungan atau menjadi
daerah bekerjanya agen. Setiap representasi dalam KB disebut sebagai sebuah
sentence yang diekspresikan dalam sebuah bahasa yakni knowledge representation
language.
- Representasi Pengetahuan yang bersifat general.
- Kemampuan beradaptasi sesuai temuan fakta.
- Kemampuan menyimpulkan sesuatu dari pengetahuan yang sudah ada.
- Representational Adequacy : kemampuan merepresentasikan semua pengetahuan yang dibutuhkan dalam domainnya
- Inferential Adequacy : kemampuan memanipulasi struktur pengetahuan untuk membentuk struktur baru dalam menampung pengetahuan baru hasil inferensi
- Inferential Efficiency : kemampuan untuk manambahkan informasi untuk mempercepat pencarian dalam inferensi
- Acquisitional Efficiency : kemampuan untuk menambah informasi baru secara mudah.
Sebuah taksi otonom bertugas mengantarkan penumpang dari Jakarta ke Tangerang, dan memiliki pengetahuan bahwa Tol Jakarta-Tangerang adalah satu-satunya jalan penghubung keduanya. Maka sudah pasti taksi tersebut akan melalui Tol Jakarta-Tangerang karena ia mengetahui bahwa hal ini menyebabkan tercapainya tujuan.
Sebuah agen berbasis pengetahuan dapat dibangun dengan memberitahukan (TELL) apa saja yang perlu ia ketahui. Dimulai dari basis pengetahuan yang kosong, perancang agen dapat men-TELL kalimat satu per satu sampai agen mengetahui bagaimana beroperasi dalam lingkungannya. Metode ini disebut pendekatan deklaratif.
Dalam pengembangannya, sebuah agen berbasis pengetahuan dapat memiliki kemampuan untuk belajar secara mandiri.
A. Wumpus
World
Wumpus world adalah sebuah permainan yang menampilkan agen berbasis pengetahuan
Deskripsi PEAS pada Wumpus World:
Performa:
1000 poin untuk mengambil emas
-1000 poin jika agen mati
1 poin untuk setiap tindakan
-10 poin untuk menggunakan panah
Environment:
Agen memulai perjalanan dari petak (1,1)
Emas berada pada sebuah petak
Wumpus berada pada sebuah petak, dan tidak berpindah
Beberapa petak kemungkinan
berisi lubang, sehingga
agen dapat terjatuh
ke dalamnya
Actuator:
Belok 90 derajat ke kiri/kanan
Berjalan maju satu petak sesuai arah agen saat itu
Mengambil objek pada petak
Menembak sebuah panah sesuai arah agen saat itu
Sensor:
Agen memiliki sensor benar/salah yang mendeskripsikan:
Stench (aroma), ketika Wumpus berada di petak yang
berdampingan
Breeze (hembusan), jika petak sebelah ada lubangnya
Glitter (kilau), jika agen berada pada petak yang memuat
emas
Bump (benturan), jika agen berjalan menabrak dinding
Scream (teriak), jika panah mengenai Wumpus dan membunuhnya
A. Logic
In General - models and Entailment
Knowledge representation language (KRL): bahasa yang
digunakan untuk menyatakan fakta tentang “dunia”.
Syntax: aturan yang mendefinisikan sentence yang sah dalam
bahasa.
Semantics: aturan yang mendefinisikan “arti” sebuah
sentence, mis: kebenaran sentence di dalam dunia
Contoh KRL bahasa aritmatika :
Syntax:
x + 2 > y adalah
kalimat sah.
x2 + y bukan
kalimat sah.
Semantics: x + 2 > y benar jika bilangan x + 2 tidak
lebih kecil dari bilangan y:
x + 2 > y benar
dalam “dunia” di mana x = 7, y = 1
x + 2 > y salah
dalam “dunia” di mana x = 0, y = 6
Contoh KRL bahasa Indonesia :
Syntax:
“Jakarta adalah
ibukota Indonesia” adalah kalimat sah.
“Ibu Indonesia kota
Jakarta adalah” bukan kalimat sah.
Semantics: “X adalah ibukota Y” benar jika X adalah pusat
pemerintahan negara Y.
Jakarta adalah
ibukota Indonesia” benar dalam “dunia” kita sekarang.
Jakarta adalah
ibukota Indonesia” salah dalam “dunia” th. 1948 (Yogya? Bukittinggi?).
Logic sebagai KRL
Logics: bahasa formal untuk merepresentasikan fakta
sedemikian shg. kesimpulan (fakta baru, jawaban) dapat ditarik. Ada banyak
metode inference yang diketahui. Kita bisa membangun agent Wumpus World dengan
logika: memanfaatkan perkembangan logika oleh ahli matematika, filsafat selama
ratusan tahun!
Entailment
Entailment berarti sesuatu fakta bisa disimpulkan dari
(kumpulan) fakta lain.
KB |= : KB entails sentence jhj true dalam semua “dunia” di
mana KB true.
Contoh:
- KB mengandung
sentence “Anto ganteng” dan “Ani cantik”.
- KB |= 1: “Anto
ganteng dan Ani cantik”
- KB 2 2: “Anto
pintar”
- x + y = 4 |= 4 =
x + y
Komentar
Posting Komentar